3 Tips Memilih Asuransi Kendaraan Sesuai Premi

Untuk melindungi mobil dari kejadian yang tidak diinginkan, Anda perlu asuransi. Cari tahu bagaimana memilih asuransi kendaraan yang tepat sehingga biaya premi yang Anda keluarkan bisa memberi manfaat yang setimpal.

Jenis Asuransi Kendaraan yang Bisa Anda Pilih

Sebelum memilih asuransi kendaraan, Anda harus paham jenis-jenis asuransi. Ada 2 jenis asuransi yang paling umum, yakni TLO dan asuransi mobil All Risk.

Asuransi TLO

Jenis asuransi TLO akan memberikan manfaat jika ada kerugian yang senilai lebih dari 75 persen harga mobil. Premi dari jenis asuransi TLO ini cukup terjangkau, namun Anda tidak bisa mengklaim jika mobil hanya baret saja.

Asuransi All Risk

Sedangkan asuransi All Risk akan menanggung seluruh risiko untuk mobil Anda. Namun, untuk mendapatkan perlindungan menyeluruh ini, Anda harus membayar premi yang lebih mahal.

Tips Memilih Asuransi Kendaraan

Jenis asuransi, premi serta manfaat merupakan beberapa faktor yang mempengaruhi asuransi. Simak beberapa tips sebelum Anda memilih asuransi mobil, yaitu:

Jenis Asuransi

Asuransi yang akan Anda pilih harus sesuai dengan kondisi dan kebutuhan. Simak hal-hal yang Anda jadikan dasar sebelum memilih asuransi kendaraan, yaitu:

  • Berapa usia mobil Anda? Jika usia lebih tua, lebih baik memilih asuransi TLO. Sedangkan jika mobil masih kondisi baru bisa memilih jenis asuransi all risk.
  • Seberapa padat jalanan di kota Anda? Jika kendaraan padat, maka sebaiknya memilih All Risk.
  • Jika tingkat kriminalitas di kota Anda meningkat, lebih baik memilih asuransi jenis TLO.
  • Hal selanjutnya berkaitan dengan banyaknya premi yang bisa Anda bayarkan. Jika ingin lebih aman dan hemat bisa memilih TLO.

Perusahaan Asuransi yang Kredibel

Produk asuransi berkualitas berasal dari perusahaan asuransi yang kredibel. Perusahaan yang memiliki riwayat yang jelas dan pelayanan baik bisa Anda pilih.

Rekanan Bengkel

Asuransi mobil juga menjalin kerjasama dengan bengkel rekanan. Sehingga Anda harus melakukan pengecekan rekanan bengkel dari perusahaan asuransi ini. Letak dan kredibilitas bengkel patut Anda nilai sebelum memilih asuransi.

Tips memilih asuransi kendaraan harus memperhatikan aspek-aspek pokok. Sehingga asuransi yang mengcover kendaraan benar-benar bermanfaat dan sesuai dengan premi yang Anda keluarkan.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *