5 Alasan Tidak Perlu Membandingkan Diri dengan Orang Lain

Tidak ada manusia yang sempurna, jadi kenapa kamu harus terus membandingkan diri dengan orang lain? Ada 5 alasan mengapa sebaiknya kamu tidak perlu membandingkan diri dengan orang lain.

Ketika manusia dilahirkan di muka bumi ini, masing-masing memiliki jalan hidup yang berbeda. Tidak hanya itu saja, fisik, sifat, kepintaran dan lain-lain pun berbeda. Bahkan soal cicilan kredit online pun berbeda bukan? Ada yang menggunakannya untuk kebutuhan konsumtif ada yang digunakan untuk kebutuhan produktif. 

Terkadang sadar atau tidak sadar, manusia itu suka membandingkan dirinya dengan orang lain, mungkin termasuk diri kamu juga. Hal tersebut tidaklah baik dan bahkan jika dibiarkan terus menerus, maka akan mempengaruhi kesehatan mental.

Pentingnya Menjaga Mental Health

Kenapa sih, setiap orang perlu menjaga kesehatan mentalnya? Apa hubungannya mental health dengan membandingkan diri dengan orang lain?

Jawabannya adalah karena membandingkan diri dengan orang lain dapat membuat psikologis terganggu, yang menimbulkan stres bahkan sampai frustasi. Padahal sebenarnya hal ini tidak perlu terjadi.

Dengan menerima diri sendiri apa adanya, kamu bisa menghargai dirimu dan memaklumi perbedaan yang ada. Bayangkan jika semua orang sama, maka kehidupan akan membosankan dan tidak membuat diri kamu bersemangat.

Bersyukurlah kita semua diberikan kehidupan serta karakter yang berbeda-beda dan stop membandingkan diri dengan orang lain. Masih belum paham akan pentingnya mencintai diri sendiri? Mari kita bahas bersama, 5 alasan tidak perlu membandingkan diri dengan orang lain.

Alasan Tidak Perlu Membandingkan Diri dengan orang Lain

Ini dia 5 alasan agar kamu bisa mulai berhenti membandingkan diri dengan teman, tetangga, atau orang yang kagumi di luar sana.

Setiap Orang Spesial

Hal pertama yang perlu dilakukan agar tidak membandingkan diri sendiri dengan orang lain adalah meyakini bahwa diri kamu adalah spesial. Kamu memiliki keunikan tersendiri dari orang lain, begitu juga orang lain pun memiliki keunikannya sendiri.

Dengan seperti ini, kamu akan bisa menerima kekurangan dan melihat kelebihan atau potensi pada diri kamu. Fokus pada kelebihanmu dan gali itu lebih dalam. hal ini akan membuatmu sadar bahwa kamu adalah pribadi yang spesial.

Jika fokus pada hal yang positif kamu akan belajar untuk menerima segala sesuatu secara positif. Contoh kecil adalah soal utang. Cicilan kredit online cenderung lekat dengan pengeluaran yang bersifat konsumtif. Padahal, ada banyak pengusaha dan konglomerat kaya karena bantuan pinjaman dari bank untuk membesarkan usahanya. Maka, mindset untuk terus positif itu penting.

Ngobrolin soal pinjaman produktif, ada satu multifinance yang bisa kamu jadikan rekomendasi untuk mendapatkan pinjaman dengan biaya yang transparan yaitu Kredivo. Limit yang disediakan hingga Rp30 juta. Bunganya 2,6% saja per bulan, paling rendah dibandingkan perusahaan sejenis. 

Hidup Itu untuk Dinikmati

Sering mendengar bahwa hidup itu hanya sekali? Maka, nikmatilah! Hal ini ada benarnya juga, sebab ketika kamu membandingkan diri kamu dengan kehidupan orang lain, artinya kamu tidak menikmati hidup kamu. 

Pikiranmu selalu dipenuhi hal negatif yang mana pikiran negatif ini juga mempengaruhi kejiwaan kamu. Jadi nikmatilah hidup kamu, masih banyak hal-hal indah diluar sana yang siap menerima kamu.

Lebih Baik Kembangkan Potensi Diri

Jangan bandingkan dengan orang lain, lebih baik kamu kembangkanlah potensi atau asah skill dalam diri kamu. Dengan begini, kamu akan stop membandingkan-bandingkan diri kamu dengan orang lain.

Ketika potensi diri kamu dikembangkan, maka kamu akan menjadi pribadi yang berprestasi. Dengan begini, kamu akan sibuk berkarya dibanding sibuk membandingkan diri kamu dengan orang lain.

Akan Selalu Ada Orang yang Lebih Baik

Alasan membandingkan diri dengan orang lain adalah karena di diri kamu masih ada pikiran orang lain itu lebih baik dari diri kamu. Akan selalu ada orang yang lebih baik daripada diri kamu. 

Hal ini tidak akan pernah berhenti sampai kamu sendiri memulai untuk berhenti membandingkan. Yakini bahwa diri kamu adalah pribadi yang tidak kalah baik dari orang lain.

Membandingkan Diri Sama dengan Merendahkan Diri.

Kamu harus tahu bahwa dengan sibuknya diri kamu membandingkan dengan orang lain, secara tidak sadar, kamu telah merendahkan diri kamu. Baik itu merendahkan potensi diri, merendahkan kemampuan diri, bahkan tidak bersyukur atas kehidupan kamu.

Sebab yang kamu lihat adalah kehidupan orang lain yang seakan lebih baik daripada kehidupan kamu.

Renungkanlah kelima alasan tidak perlu membandingkan diri dengan orang lain di atas. Dengan begini kamu akan merasa lebih bersyukur, mengembangkan potensi diri serta menikmati hidup kamu.

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *