5 Cara Tepat Mencegah Dehidrasi di Segala Kondisi

5 Cara Tepat Mencegah Dehidrasi di Segala Kondisi

Di tengah kesibukan dan kepadatan aktivitas, cairan tubuh juga akan semakin berkurang sehingga akan terjadi dehidrasi atau kekurangan cairan dalam tubuh. Cairan dalam tubuh ini berperan penting untuk mengendalikan suhu dalam tubuh. Oleh sebab itu, berikut akan dijelaskan mengenai 5 cara mencegah dehidrasi.

1.    Banyak Minum Air Putih

Dehidrasi adalah kondisi di mana tubuh Anda kekurangan cairan dalam tubuh, sehingga hal yang paling dibutuhkan adalah air. Untuk mencegah adanya dehidrasi pada cuaca yang panas, maka Anda bisa meminum banyak air putih dengan suhu yang sedang, tidak terlalu dingin dan juga tidak terlalu panas.

Jika Anda meminum air panas, maka suhu tubuh akan semakin meningkat dan meningkatkan risiko dehidrasi. Sedangkan jika Anda meminum air dingin, maka hal ini akan membuat penurunan suhu tubuh dalam waktu yang cepat dan tentunya hal ini tidak baik untuk tubuh.

2.    Periksa Urine

Untuk mencegah dehidrasi, Anda dapat mengetahui beberapa ciri-cirinya dengan melihat warna urine saat sedang buang air kecil. Jika warna dari urine tersebut jernih, hal ini menandakan bahwa cairan dalam tubuh sudah tercukupi. Namun jika warna urin berupa kuning pekat maka hal ini menandakan dehidrasi dan Anda harus segera meningkatkan cairan tubuh dengan minum.

3.    Pastikan Mulut Tidak Kering

Tak hanya dengan memeriksa urine saja, Anda juga bisa melakukan pencegahan dehidrasi dengan memastikan kondisi mulut Anda. Mulut yang kering dan pecah-pecah menandakan bahwa tubuh kekurangan asupan cairan. Sehingga harus segera dicukupi secepat mungkin. Oleh sebab itu, penting untuk selalu menjaga kelembaban mulut.

4.    Sering Makan Buah-buahan

Cara lain yang bisa Anda gunakan untuk mencegah adanya dehidrasi atau kekurangan cairan dalam tubuh adalah dengan sering memakan buah-buahan. Kandungan air yang ada dalam buah-buahan akan terasa menyegarkan dan menghilangkan dahaga. Anda bisa memilih buah-buahan yang banyak kandungan airnya seperti semangka, melon, dan buah-buahan lainnya.

5.    Selalu Bawa Minuman Elektrolit

Minuman elektrolit merupakan minuman yang dapat mencegah terjadinya dehidrasi dalam tubuh. Anda dapat meminum minuman elektrolit jika memang saat meminum air putih tidak bisa menjadi solusi dari adanya dehidrasi yang dialami. Biasanya minuman elektrolit digunakan setelah melakukan olahraga atau aktivitas fisik lainnya.

Dengan meminum elektrolit, maka cairan dalam tubuh dan juga energi dapat pulih kembali. Namun, ada hal yang harus Anda perhatikan sebelum membeli minuman elektrolit, pastikan Anda untuk memeriksa label nutrisi dari minuman ini. Hal ini dikarenakan banyak minuman elektrolit yang memiliki kandungan gula dan kalori yang tinggi.

Nah, itulah dia penjelasan mengenai 5 cara tepat untuk mencegah dehidrasi di segala kondisi agar tubuhmu tidak kekurangan cairan. Anda pasti tidak menginginkan saat Anda kehausan, mulut Anda kering, tubuh lemas, hingga konsentrasi yang terganggu bukan? Maka dari itu Anda bisa melakukan cara-cara di atas untuk mencegahnya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *