5 Ciri Anak Sehat Secara Mental dan Fisik

5 Ciri Anak Sehat Secara Mental dan Fisik

Pengertian sehat tidak hanya dapat ditemukan pada aspek fisik, tetapi juga pada aspek mental. Orang tua akan mengambil berbagai langkah untuk menjaga kesehatan anaknya .Untuk memastikan kondisi anak sehat, Anda perlu mengetahui ciri-ciri anak yang sehat baik secara fisik maupun mental.

1. Aktif Bergerak

Aktivitas fisik menandakan anak nyaman dengan tubuhnya dan pikiran mereka juga bahagia. Contoh aktivitas fisik meliputi permainan dan olahraga seperti berjalan, berlari, berenang, dan bersepeda. Anak yang aktif cenderung percaya diri, fokus, dapat berinteraksi dengan teman,  serta tidur  nyenyak.

Aktivitas fisik juga dapat memperkuat tulang, otot, jantung dan paru-paru anak serta mencegah obesitas dan diabetes di kemudian hari. Ketika anak mengalami gangguan, biasanya mereka merasa malas bergerak. Tidak ada motivasi yang membuat mereka semangat.

2. Pertumbuhan Fisik Baik

Tentu saja, seiring bertambahnya usia seorang anak, demikian pula perkembangan dan pertumbuhan fisiknya. Ini bisa dilihat dari segala aspek. Aspek yang paling terlihat adalah tinggi badan dan berat badan.

Pertumbuhan dan perkembangan anak kecil dapat dilihat dari dua segi. Pertumbuhan anak yang sehat akan menunjukkan perkembangan angka bobot badan secara bertahap berkembang dari tahun ke tahun. Cek grafik pertumbuhan normal pada anak sesuai dengan usianya.

3. Stabil secara Emosional

Anak yang sehat mentalnya akan berperilaku baik dan sopan. Anak-anak tidak membuat ulah atau terlalu agresif. Perasaannya biasanya stabil, jarang terlihat sedih, dan tidak pernah tiba-tiba menarik diri.

Anak juga biasanya memiliki pengelolaan amarah yang cukup baik. Mereka bisa mengontrol untuk tidak mengamuk di tempat umum atau berteriak-teriak. Mereka juga dapat mengontrol perasaan gembira dengan baik.

4. Mudah Berteman

Anak mandiri dan tidak selalu bergantung pada orang tuanya merupakan tanda anak sehat secara mental. Di masa depan, mereka tidak dapat dihindari ketika berhadapan dengan masalah kehidupan sosial. Maka aspek ini sangat penting bagi anak.

Anak-anak dapat dengan mudah berteman dan bergaul dengan anak-anak lain di lingkungan sekitar sekolah atau rumah adalah tanda yang baik. Mereka bisa mengelola diri dan mendekati orang lain dengan cara yang benar.

5. Konsentrasi yang Baik

Bagi anak yang sehat secara fisik dan mental, tentu mudah untuk fokus pada apa yang sedang dilakukan. Konsentrasi membutuhkan tingkat fokus dan ketenangan pikiran, yang hanya dimiliki oleh anak-anak yang sehat. Selain itu, butuh nutrisi cukup yang menunjang otak.

Di sisi lain, anak dengan masalah pada psikis sering merasa takut dan cemas, sehingga sulit untuk fokus pada sesuatu. Konsentrasi yang baik sangat bagus untuk perkembangan otak. Tingkat Fokus bermanfaat untuk lebih mudah menyerap pelajaran di sekolah.

Melengkapi nutrisi yang baik bagi kesehatan anak sangatlah penting. Selain dari makanan sehari-hari, Anda juga harus memberikan susu pendukung. Berlangganan susu S26 dapat menjadi solusi pemenuhan nutrisi dari susu anak. Karena S26 memiliki kandungan gizi seimbang yang baik untuk si kecil.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *