Apa itu CV ? Begini Cara Bikin Desain Curriculum Vitae Online

Curriculum Vitae adalah sebuah dokumen penting bagi seseorang yang ingin melamar pekerjaan. Desain curriculum vitae menjadi salah satu faktor yang menjadikan tampilan CV menarik. Apa itu CV ? Begini Cara Bikin Desain Curriculum Vitae Online.

Pengertian dan Cara Membuat CV Online

Bagaimana cara membut CV menarik supaya diterima oleh HRD ? Nah, sebelum masuk ke langkah-langkah membuat desain CV, sebaiknya ketahui terlebih dahulu pengertian CV. Apa itu CV ? Begini Cara Bikin Desain Curriculum Vitae Online.

Definisi CV

Curriculum Vitae (CV) atau daftar riwayat hidup adalah dokumen yang berisikan gambaran mengenai pengalaman seseorang serta kualifikasi lainnya. Data informasi didalamnya sangat terperinci yang memuat perjalanan akademis dan pengalaman kerja secara profesional.

Dalam CV tersebut terdapat informasi seperti pendidikan, keahlian, biodata dan riwayat pekerjaan lainnya. Umumnya, CV diperlukan untuk melamar sebuah pekerjaan atau untuk hal penting lainnya, seperti mengajukan beasiswa.

Pentingnya Desain CV

Curriculum Vitae menjadi penilaian pertama saat anda melamar sebuah pekerjaan. Jika anda ingin memberi kesan pertama yang baik, sebaiknya buatlah desain CV semenarik mungkin. Desain yang rapi bisa menjadi pertimbangan bagi perekrut untuk tertarik mewawancari anda.

Cara Membuat Desain CV Online

Bagaimana cara membuat desain curriculum vitae online ? Mudah kok, kini anda bisa menggunakan aplikasi Canva untuk membuat CV yang simple dan menarik. Hanya melalui smartphone anda bisa membuat desain CV secara praktis. Berikut langkah-langkahnya.

  • Pertama, buka Canva lalu klik bagian Create Design, pilih Resume pada bagian Document
  • Kemudian pilih desain layout yang tersedia sesuai desain yang anda sukai
  • Selanjutnya, edit konten CV sesuai data pribadi anda, ubahlah warna font dan jenis font sesuai keinginan
  • Buka website foto gratis seperti Pexels jika anda ingin mengubah tampilan background
  • Terakhir, klik download dengan pilihan format JPEG, PDF, PNG dan MP4

Nah, itulah dia cara membuat desain curriculum vitae secara online melaui aplikasi Canva. Bagaimana ? Cukup mudah, bukan ? Semoga informasi diatas dapat menginspirasi anda ya. Jangan lupa bagikan artikel ini jika dirasa bermanfaat !

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *