Indonesia Tumpah Darahku, Lagu Refleksi untuk Penyemangat Pejuang Tanah Air

Harumnya nama Indonesia tak bisa lepas dari perjuangan para pahlawan. Lagu Indonesia Tumpah Darahku menjadi salah satu saksi bahwa perjuangan untuk mengisi kemerdekaan belum berhenti. Anda bisa dapatkan chord lengkap lagu ini di laman https://www.chordindonesia.com/.

Lagu Indonesia Tumpah Darahku, Tembang yang Mengangkat Nasionalisme dan Penjabaran Alam Indonesia yang Kaya

Lagu satu ini menjadi salah satu simbol bahwa kekayaan Indonesia memang melimpah ruah. Tak hanya sawah dan bukit, melainkan juga lautan.

1.      Profil Pencipta Lagu Indonesia Tumpah Darahku

Saridjah Niung adalah nama asli Ibu Soed. Julukan ini mulai terbentuk ketika beliau menikah dengan suaminya Raden Bintang Soedibjo. Beliau adalah salah satu musikus dan komponis lagu kebangsaan dan lagu anak terbaik di masanya.

Di antara beberapa lagu nasional yang populer diciptakan oleh beliau adalah Tanah Airku, Berkibarlah Benderaku. Sedangkan lagu anak yang masih populer hingga hari ini yang menjadi ciptaan beliau adalah Desaku, Menanam Jagung, Burung Kutilang, Tik Tik Bunyi Hujan.

2.      Makna yang Terkandung dalam Lagu Indonesia Tumpah Darahku

Lagu satu ini merupakan bentuk rasa syukur dari rakyat atas kekayaan alam yang dimiliki Indonesia. Bahwa negara ini memiliki bentang sawah yang hijau, bukit biru yang menghimbau, hingga laut yang luas terbentang.

Lagu ini menjadi satu tolok ukur kecintaan masyarakat pada negaranya yang diwujudkan dengan karya dan lagu. Tak heran bila lagu ini masih kerap dikumandangkan hingga hari ini.

3.      Lirik Lagu Indonesia Tumpah Darahku

Di bawah ini terdapat lirik lagu Indonesia Tumpah Darahku yang begitu menyentuh hati.

Di manakah sawah luas menghijau

Di manakah bukit biru menghimbau

Itu tanahku tumpah darahku

Tanah pusaka yang kaya raya

Harum namanya Indonesia

 

Di mana puput berbunyi merdu

Di bawah gunung lembah yang biru

Itu tanahku tumpah darahku

Tanah pusaka aman sentosa

Harum namanya Indonesia

 

Di mana nyiur melambai-lambai

Di mana padi masak mengurai

Itu tanahku tumpah darahku

Tanah pusaka bahagia mulya

Harum namanya Indonesia

 

Kunci gitar lagu tanah airku bisa Anda mainkan dengan tepat jika melihat chord yang benar. Lagu ini cocok menjadi salah satu tembang pengisi event resmi kenegaraan, atau kegiatan sekolah yang mengangkat tema nasionalisme.

BACA JUGA  5 Tips Anti Ditipu Saat Belanja Online Barang Mahal