Ingin Tes MMPI Online? Berikut Persiapan untuk Menghadapinya!

Seiring majunya zaman dan semakin berkembangnya teknologi menjadikan hampir semua aspek kini beralih menjadi digital. Salah satunya yaitu tes MMPI yang kini dapat Anda akses secara online. Tes MMPI online ini mengkonversikan tes MMPI yang biasanya dilakukan secara konvensional saat ini berbasis digital. MMPI atau Minnesota Multiphasic Personality ini merupakan tes psikologi yang dilaksanakan dalam rangka menilai kepribadian dan juga psikopatologi.

Adanya pemeriksaan ini mempunyai tujuan untuk mengetahui keadaan kesehatan mental. Dengan begitu ahli profesional dapat menentukan ada atau tidaknya gangguan mental dalam diri seseorang yang tengah menjalani tes MMPI tersebut. 

Siapa Saja yang Dapat Melakukan Tes MMPI Online Ini?

Tes kesehatan rohani atau mental dengan memakai tes MMPI (Minnesota Multiphasic Personality Inventory) ini terbit pada tahun 1940 silam. Orang yang menjadi perancang tes MMPI ini yaitu R. Starke Hathaway, PhD, dan juga JC McKinley, MD pada tahun 1940 hingga 1943. Secara empiris, item valid yang dipilih yaitu dalam rangka menyusun konstruksi Minnesota Multiphasic Personality Inventory. 

MIMPI sendiri adalah hak cipta dari University of Minnesota. MMPI ini bermula perkembangannya sejak tahun 1930 lalu di Universitas Minnesota. Dimana MMP ini adalah sebuah tes kepribadian yang komprehensif dan juga serius yang bisa Anda manfaatkan guna mendeteksi terkait masalah kejiwaan pada seseorang.

Hingga saat ini popularitas dari MMPI masih sangat dipercaya, terutama di Indonesia sendiri sebagai alat resmi untuk melakukan diagnosa gangguan ‘kesehatan’ mental atau jiwa seseorang. 

Ya, tes MMPI online ini banyak dipergunakan untuk mendeteksi kesehatan mental untuk individu atau kerap dipakai di dalam tes kesehatan rohani. Nah, untuk hasil dari psikotes MMPI ini akan dilakukan acc oleh seorang psikolog klinis.

Sementara itu, tes psikologi MMPI ini bisa untuk diikuti oleh siapa saja untuk berbagai kepentingan, seperti:

·         Seleksi mahasiswa kedokteran dan kesehatan

·         Melakukan seleksi karyawan di rumah sakit

·         Untuk menyeleksi pejabat Pemerintah Daerah

·         Seleksi pimpinan

·         Untuk melakukan pemeriksaan terhadap kesehatan jiwa atau mental seseorang

·         Dalam rangka memenuhi surat keterangan sehat secara mental

·         Untuk kepentingan penerbitan Surat Izin Mengemudi (SIM)

·         Pemenuhan pengajuan NIDN Dosen

·         Untuk melakukan seleksi kerja

·         Untuk menyeleksi calon anggota DPRD atau DPR dan kepentingan yang lainnya

Tipe-tipe di Dalam Tes MMPI

Semenjak pertama kali dikeluarkan, tes MMPI online ini sudah melewati beberapa kali modifikasi. Berikut ini merupakan tipe-tipe psikotes MMPI.

·         Tes MMPI-2, merupakan jenis yang paling umum dipergunakan. Tipe ini pernah melewati beberapa kali revisi, yakni pada tahun 1989, 2001, serta 2009. Tes MMPI-2 versi tahun 2009 ini yang hingga saat ini masih dipergunakan untuk menilai status mental.

·         Tes MMPI-2-RF, pertama kali terbit tahun 2008 dan terkenal sebagai psikotes Minnesota Multiphasic Personality Inventory-2 Restructured Form alias MMPI-2-RF. Untuk tes MMPI jenis ini dipergunakan sebagai alternatif MMPI-2.

·         MMPI-A, terbit kali pertamanya tahun 1992 dan dipakai untuk menguji anak umur 14 hingga 18 tahun. Tes ini berisi 478 pertanyaan serta membutuhkan 1 jam untuk menyelesaikannya.

·         MMPI-A-RF, adalah versi alternatif dari tes MMPI-A serta pertama kali dipergunakan tahun 2016. Tes MMPI jeniss ini berisikan 241 pertanyaan dan dapat Anda selesaikan dalam waktu kira-kira 25-45 menit.

·         MMPI-3, merupakan versi terbaru dari tes MMPI yang terbit pada tahun 2020. Versi ini tersedia di dalam format Inggris, Spanyol, Perancis, dan Kanada.

Pada prosedur tes MMPI online, tim medis bakal meminta Anda untuk menjawab pertanyaan yang diberikan. Usai Anda mengisi jawaban itu, hasil psikotes MMPI akan diinterpretasi oleh psikiater atau psikolog klinis yang akan menuliskan hasil tes MMPI ke dalam sebuah laporan.

Prosedur tes MMPI berlangsung selama 30 hingga 90 menit, tergantung dari tes yang Anda jalani. Tes ini bisa Anda lakukan secara individu maupun berkelompok, serta dapat Anda kerjakan memakai komputer.

Persiapan Terbaik Menghadapi Tes MMPI

Persiapkan fisik yang sehat dan fresh. Jangan lupa untuk sarapan dan juga tidur yang nyenyak pada malam sebelumnya.

Jangan berbohong. Sebab tes MMPI online ini dirancang untuk melakukan identifikasi terhadap orang-orang yang berbohong untuk mencoba serta mendeskripsikan diri mereka dari yang sesungguhnya mereka lakukan. Oleh karenanya, hendaklah selalu jujur.

Jangan terlalu berpikir. Terdapat banyak pertanyaan di dalam tes MMPI online dan Anda hanya punya waktu terbatas untuk menjawabnya. Silahkan mempelajari cara membaca jawaban yang potensial secara hati-hati, lalu berikanlah respon yang pertama yang masuk ke kepala Anda..

Bersikap konsisten. Hal ini sangat penting saat mengambil psikotes MMPI, lantaran respon Anda bakal dievaluasi untuk melakukan pemeriksaan konsistensi. Selama tes berlangsung, Anda bakal diberikan sejumlah pertanyaan yang butuh jawaban sama namun sudah diucapkan dengan cara sedikit berbeda.

Salah satu cara terbaik untuk meraih konsistensi adalah dengan membaca secara cermat tiap-tiap pertanyaan guna memastikan bahwa Anda sepenuhnya memahami pertanyaannya.

Nah, jika Anda kerap memakai MMPI sebagai salah satu alat untuk assessment psikologi,NS Development menghadirkan Tes MMPI online untuk Anda. Tes MMPI ini merujuk pada skala adaptasi versi Departemen Kesehatan. Psikotes MMPI NS Development hadir dengan berbagai kelebihan seperti bisa diakses secara online, administrator dapat mengatur akses peserta, jumlah peserta tes tidak dibatasi, dan sudah tersedia psikogram. Untuk hasil tesnya pun lebih akurat, lantaran semua dikerjakan oleh sistem sehingga bisa meminimalkan human error dan hasilnya bisa diakses secara realtime.

Ingin Tes MMPI Online? Berikut Persiapan untuk Menghadapinya!