Kisaran Biaya Dokter Hewan

Periksa Hewan Peliharaan ke Dokter Hewan

Memiliki hewan peliharaan merupakan perihal yang menyenangkan. Hewan-hewan yang mudah akrab, seperti kucing dan anjing, bisa jadi rekan di rumah. Banyak pecinta hewan memperlakukan hewan peliharaannya sebagai bagian keluarga mereka. Termasuk di dalam perihal pemeliharaan kesehatan.

Agar hewan peliharaan selalu sehat, kebanyakan pemilik dapat membawanya ke dokter hewan. Tetapi, biaya dokter hewan masih relatif mahal. Jika kucing mengalami sakit, penyembuhannya bisa mencapai Rp 2,5 juta. 

 

 

Biaya Dokter Hewan Berdasarkan Tempat Praktik

Biaya dokter hewan juga beragam tergantung daerah praktiknya. Banyak opsi yang dapat dipilih untuk menyesuaikan dengan kebutuhan. Berikut ini biaya dokter hewan berdasarkan daerah praktiknya:

1. Praktik Mandiri

Biaya: antara Rp 100-200 ribu per konsultasi.

Praktik mandiri dokter hewan merupakan usaha layanan yang dilaksanakan oleh dokter secara mandiri. Semua perihal di daerah praktik, termasuk biaya dokter hewan dan pengelolaannya dilaksanakan sendiri.

Praktik mandiri dapat Anda lihat dari papan nama yang memuat nama dokter yang bersangkutan. Meski ditentukan sendiri, biaya dokter hewan praktik mandiri nyaris sama di seluruh tempat.

 

2. Praktik Dokter Hewan Bersama (PDHB)

Biaya: antara Rp50-200 ribu per konsultasi.

Praktik dokter hewan ini dilaksanakan oleh beberapa dokter di satu wilayah praktik. Semua dokter hewan bertanggung jawab atas pengelolaan klinik yang mereka jalankan. Dengan begitu, tiap keputusan akan mereka bicarakan bersama. Biaya dokter hewan dalam PDHB tergantung wilayah dan keputusan dokter yang terlibat. Kelebihan tempat ini adalah pemilik hewan peliharaan dapat dengan mudah mendapat penanganan langsung  dari beberapa dokter berkenaan situasi kesehatan hewan.

BACA JUGA  Tempat Wisata Menarik Jakarta yang Wajib dikunjungi Saat Weekend

 

3. Puskeswan

Biaya: mulai dari Rp 25.000 per kunjungan.

Hewan juga memiliki pusat kesehatan sendiri. Pemerintah di bawah Dinas Pertanian dan Peternakan di kabupaten atau kota yang mengelola Puskeswan ini. Biaya dokter hewan di Puskeswan berdasarkan pada ketentuan daerah masing-masing. Biaya dokter hewan di daerah ini sangat murah daripada wilayah lain. Vaksinasi, misalnya, untuk hewan kesayangan, seperti kucing, hanya dipungut biaya Rp 2.000 per tindakan. Sementara pengiriman spesimen ke laboratorium hanya membutuhkan Rp 3.000. Puskeswan mempunyai sarana yang lengkap. Dan yang terpenting, biayanya terjangkau untuk seluruh kalangan.

 

4. Klinik Hewan

Biaya: Rp 140.000 per konsultasi.

Klinik hewan merupakan daerah pelayanan kesehatan hewan dengan sarana kesehatan tertentu, di mana pemimpinnya adalah satu dokter hewan. Klinik hewan mempunyai alat medis untuk mengamati hewan yang mempunyai problem tertentu.

Perseorangan dengan manajemen yang jelas biasanya adalah pemilik bisnis ini. Ada banyak dokter hewan yang join di sini, dengan satu dokter kepala. Klinik hewan mirip dengan PDHB. Bedanya, klinik hewan mempunyai sarana yang lebih lengkap, termasuk laboratorium. Karena itu, biaya dokter hewan di sini relatif lebih tinggi.

 

5. Rumah Sakit Hewan

Biaya: mulai dari Rp 120.000

Rumah sakit hewan mempunyai sarana yang lebih baik daripada keempat sarana di atas. Sering kali, rumah sakit hewan jadi rujukan untuk situasi darurat yang tidak dapat Puskeswan atau klinik hewan tangani .

Rumah sakit hewan tidak hanya dikelola oleh swasta. Saat ini, sebagian universitas yang mempunyai Fakultas Kedokteran Hewan sudah mendirikan rumah sakit hewan sebagai tempat belajar calon dokter hewan.

Selain itu, sebagian rumah sakit hewan, seperti Rumah Sakit Hewan Provinsi Jawa Barat dikelola pemerintah. Biaya dokter hewan di rumah sakit hewan banyak ragam bergantung tempatnya. Selain biaya konsultasi, Anda juga harus mengeluarkan biaya tambahan untuk pendaftaran dan administrasi.

BACA JUGA  5 Tips Anti Ditipu Saat Belanja Online Barang Mahal

 

Biaya Dokter Hewan Berdasarkan Jenis Tindakan

Tindakan dokter pada hewan peliharaan mempunyai harga yang bervariasi. Biaya dokter hewan akan tinggi untuk tindakan yang lebih besar.

1. Biaya Dokter Hewan Berdasarkan Tindakan

Berikut ini biaya dokter hewan berdasarkan tindakan yang diambil:

 

 

2. Vaksin Kucing

Biaya dokter hewan untuk melakukan vaksin kucing antara lain:

 

 

Tips Menghemat Biaya Pemeliharaan Hewan

Setelah mengetahui biaya dokter hewan, selanjutnya Anda juga perlu mengetahui tips menghemat penyembuhan hewan kesayangan. Berikut adalah tips yang dapat Anda ikuti:

1. Melakukan Gaya Hidup Sehat

Sebagai pemilik, Anda harus memberikan makanan yang bergizi dan sehat untuk hewan peliharaan. Hal ini harus Anda laksanakan untuk menghindari biaya dokter hewan yang membengkak disaat berkonsultasi.

Ciri-ciri makanan yang baik untuk hewan adalah pengaruhnya pada rambut. Jika makanan cocok, maka rambut hewan dapat jadi lembut dan lebat. Jika tidak cocok, maka mereka dapat mengalami kerontokan bulu.

 

2. Menjaga Kebersihan Hewan Peliharaan

Kebersihan hewan dapat Anda lakukan dengan grooming rutin. Hal ini bermanfaat untuk mempertahankan kebersihan telinga, kerapian bulu, dan memelihara kuku. Selain itu, kebersihan kandang juga harus Anda perhatikan supaya bulu mereka bersih dari kutu.

 

3. Negosiasi Mengenai Resep dengan Dokter

Salah satu penyebab biaya dokter hewan mahal adalah 0bat yang diberikan. Maksud mereka baik, yaitu menganjurkan 0bat berkualitas. Namun, akibatnya, Anda harus mengeluarkan uang lebih banyak. 0bat murah bukan artinya tidak bagus. 0bat alternatif dapat jadi dari merek yang sama, namun dalam versi lite.

 

4. Bergabung dengan Komunitas Pecinta Hewan

Bergabung ke komunitas hewan dapat menunjang memecahkan persoalan yang Anda hadapi, kalau panduan 0bat alternatif atau daerah perawatan yang lebih terjangkau. Di komunitas pecinta hewan, Anda juga dapat mendapatkan informasi tentang sarana gratis di klinik secara berkala. Selain itu, Anda juga dapat meminta saran cara menjaga hewan supaya kesehatannya selalu terjaga.

BACA JUGA  Ingin Berkunjung ke Medan? Jangan Lupa untuk Pulang Bawa Oleh Oleh Khas Medan Berikut Ini

 

Perusahaan Penyedia Asuransi Hewan

Tak hanya manusia, kini hewan memiliki sarana asuransi tersendiri. Di Indonesia, jumlah perusahaan yang memiliki fitur ini masih tergolong sedikit. Tapi perusahaan yang ada telah cukup untuk menjaga kesehatan hewan peliharaanmu. Berikut adalah perusahaan penyedia asuransi hewan yang bisa Anda pilih:

 

1. Sinar Mas Pet Insurance

Sinar Mas memiliki produk asuransi untuk hewan yang terdiri dari banyak paket. Selain itu, produk asuransi juga menjamin ganti rugi jika hewan peliharaan hilang karena dicuri. Syarat dan ketetapan yang dimiliki Sinar Mas Pet Insurance adalah sebagai berikut:

  • Anjing yang diasuransikan memiliki stambum, kecuali paket 5.
  • Polis asuransi berlaku di Indonesia dan wilayah yang membolehkan Anda membawanya.
  • Nilai pertanggungan berdasarkan kuitansi pembelian hewan. Jika dokumen hilang, maka pertanggungan menyesuaikan dengan harga yang perusahaan asuransi tetapkan.
  • Tertanggung menanggung 205 biaya dari klaim.
  • Usia hewan yang diasuransikan adalah 0-15 tahun.

Berikut adalah nilai pertanggungan Sinar Mas Pet Insurance berdasarkan paketnya:

 

 

2. AXA Mandiri Pet Insurance

AXA juga memiliki pet insurance untuk risiko kematian, cacat karena kecelakaan, dan penitipan hewan karena keterlambatan pesawat tertanggung ke domisili tertanggung. Ketentuan yang berlaku didalam AXA Mandiri Pet Insurance antara lain:

  • Hewan yang diasuransikan adalah anjing dan kucing resmi, yakni PERKIN untuk anjing dan ICA untuk kucing.
  • Hewan berusia 30 hari sampai 10 tahun.
  • Perpanjangan penitipan hewan ketika Anda bepergian, lantas memperpanjang sementara liburan. Maka biaya perpanjangan ditanggung sendiri.

Nilai tanggungan yang ditawarkan AXA adalah sebagai berikut: