Manfaat, Kandungan rumput Akar Wangi

Manfaat, Kandungan rumput Akar Wangi – Masyarakat Indonesia ternyata lebih mengenali akar wangi sebagai satu bahan baku untuk kerajinan tangan. Walau sebenarnya, akar wangi yang notabene benar-benar wangi dan dapat bertahan sekian tahun ini bisa disuling jadi minyak yang mana benar-benar laku di pasar luar negeri.

 

Masalahnya minyak akar wangi atau yang umum disebutkan vetiver oil ini dipakai untuk penyembuhan tradisionil di beberapa Negara, dimulai dari Asia Tenggara, Asia Selatan, sampai Afrika Barat semenjak beberapa ribu tahun lalu.

 

Akar wangi sendiri sebenarnya sebagai tanaman yang dari India. Di Indonesia sendiri, wilayah yang dikenali sebagai produsen java vetiver oil paling banyak ialah Jawa tengah dan Jawa Barat. Bukan hanya disuling saja, daun dari tanaman ini banyak memiliki manfaat.

 

Akar wangi sendiri memiliki berbau yang menentramkan hingga bisa dipakai sebagai pendingin badan alami di beberapa negara tropis. Nach, lalu bagaimana sebenarnya langkah menghasilkan minyak dari tanaman satu ini dan apa faedahnya? Yok,langsung baca penjelasannya berikut!

 

 

Mengenali Budidaya Tanaman Akar Wangi

 

Dari sisi pemberian nama, di beberapa wilayah di Indonesia, akar wangi ini mempunyai nama yang berbeda, akar wangi ini mempunyai nama lain yakni useur (Gayo), urek usa (Minangkabau), hapias (Batak), narwastu atau usar (Sunda), larasetu (Jawa), karabistu (Madura), nausina fuik (Roti), tahele (Gorontalo), akadu (Buol), sere ambong (Bugis), babuwamendi (Halmahera), garamakusu batawi (Ternate), baramakusu butai (Tidore).

 

Akar wangi atau yang mempunyai nama latin Vetiveria zizanioides ini sebagai tanaman yang terhitung ke keluarga Gramineae atau rerumputan yang dari India. Vetiver ini terhitung famili dekat Sorghum tetapi karakter morfologinya hampir serupa dengan tipe rumput wangi yang lain, misalkan saja serai (lemongrass), citronella, dan palmarosa.

 

Beberapa ciri tanaman satu ini yaitu berumpun lebat, warna kuning pucat, juga bisa abu-abu atau merah tua, dan memiliki akar tinggal bercabang banyak. Disamping itu, tinggi Jual rumput vetiver dapat capai 1,5 mtr. dengan tangkai tinggi dan daun memanjang dan tipis.

 

Bunga tanaman satu ini mempunyai warna ungu-kecoklatan dengan kedalaman tumbuh akar capai 1,8 mtr..

 

Akar wangi dapat tumbuh subur di wilayah dengan ketinggian di antara 1.000 sampai 2.000 mtr. di permukaan laut. Pada keadaan itu, tanaman dapat hasilkan sekitaran 15 sampai 30 ton bahan baku minyak akar wangi /tahun.

 

Tentu saja sama sesuai namanya, akar wangi, sisi yang digunakan untuk bahan baku pembikinan minyak yaitu akarnya. Persyaratan pemanenan akar sebagai bahan baku ialah saat tanaman telah berusia sekitaran 9-12 bulan.

 

Penyulinangan Minyak Akar Wangi

 

Untuk dapat membuat atau menghasilkan minyak akar wangi, kamu dapat awali dengan memetik vetiver lebih dulu. Cuci akar tanaman itu sampai bersih lalu jemur sampai kering. Sisakan kandungan air dalam tanaman sekitaran 10 sampai 15% saja. Kemudian, baru vetiver bisa disuling jadi minyak.

 

Untuk langkah penyulingannya, umumnya proses diawali dengan masukkan air terlebih dahulu sampai batasan yang diharapkan. Bila kamu memakai water and steam distillation, batasan air yang ditempatkan umumnya jika sudah dekati batasan sarangan.

 

Seterusnya, akar yang hendak kamu olah itu ditempatkan ke ketel suling yang mana dipanasi dalam api dengan temperatur dan penekanan sama sesuai keperluan. Jika air telah mendidih, kelak minyak akan kelihatan alias ada di tabung pembatas.

 

Tampunglah selekasnya minyak yang keluar itu dalam tempat penampung dengan buka keran yang berada di tabung pembatas. Untuk tempat penampung sendiri, upayakan mempunyai temperatur di antara 20-25 0C dan seharusnya tentukan yang mempunyai konstruksi yang bisa menghindar evaporasi, misalkan saja botol dengan mulut kecil.

 

Apabila sudah kamu alihkan, karena itu minyak siap ditawarkan. Diperlukan kesabaran dan ketekunan saat menyuling karena lama penyulingan benar-benar tergantung pada jumlahnya akar yang akan disuling.

 

Disamping itu, kemampuan ketel juga memengaruhi lho. ketel memiliki ukuran besar tentu saja akan memuat semakin banyak akar dan makin lama dalam penyulingannya. Bagaimana? Siap jadi produsen minyak akar wangi?

 

Manfaat Minyak Akar Wangi

 

Vetiver dari dahulu memang dikenali banyak memiliki manfaat. Minyak dari akar ini sendiri kenyataannya memiliki kandungan lebih dari 100 bagian utama yang paling bermanfaat untuk kesehatan, yaitu delta-selinene, beta-vetivenene, khusimene, cyclocopacamphan-12-ol (epimer A dan B), khusimol, vetiselinenol, isovalencenol, alpha-vetivone, sampai beta-vetivone.

 

Minyak yang warna kuning-coklat dan beraroma manis, smoky, dan woody ini dapat disebut nyaris serupa dengan patchouli oil dan sandalwood essential oil. Lantas, apa lagi manfaat vetiver oil satu ini? Yok,langsung baca infonya!

 

1. Sebagai Anti-oksidan

 

Siapa tahu bila minyak satu ini dapat digunakan untuk anti-oksidan alias menolong menahan kerusakan sel. Disamping itu, minyak ini bisa juga perlambat penuaan, kurangi risiko kanker, sampai memberikan dukungan detoksifikasi.

 

2. Hilangkan Sisa Cedera pada Kulit 

 

Karena karakternya yang cicatrisant alias sanggup meredakan sisa cedera, karena itu tidaklah aneh bila vetiver oil bisa menolong regenerasi jaringan kulit, meremajakan kulit, dan hilangkan bintik gelap dan sisa jerawat dan cacar.

 

Disamping itu, minyak satu ini juga efisien menyarukan stretch mark dan masalah kulit yang lain. Bukan hanya hanya itu, vetiver oil dapat menjadi antiseptik yang tentu saja bisa kurangi berlangsungnya infeksi. Bahkan juga, sengatan panas dan masalah persendian bisa juga sembuh lewat akar wangi.

 

3. Merawat ADHD

 

Karena sebuah riset, pada akhirnya minyak akar wangi dipakai untuk menyembuhkan pasien anak pasien ADHD di antara usia 6 sampai 12 tahun. Pasalnnya, karakter menentramkan yang dipunyai akar wangi benar-benar sangat bermanfaat untuk melawan tanda-tanda ADHD dan ADD.

 

Beberapa ciri penyakit ini umumnya diikuti dengan kesusahan fokus, gampang terasa terusik, kehilangan kesabaran, dan resah. Disamping itu, memakai minyak ini rupanya sanggup untuk kembalikan energi badan dan mendinginkan temperatur badan dan menetralisir rasa kuatir dan grogi.

 

Bukan hanya ADHD saja, minyak ini kerap dipakai untuk tingkatkan libido dan menyembuhkan insomnia karena wewangian yang dikeluarkannya.

 

4. Menyingkirkan Serangga

 

Bukan hanya dalam sektor kesehatan, tanaman satu ini dapat menjadi pengusir rayap dan efisien bertahan untuk periode waktu yang lama. Selainnya rayap, tanaman ini bisa juga menyingkirkan larva nyamuk dan membunuh kutu.

 

5. Bahan Kerajinan 

 

Walau tidak dalam wujud minyak, tetapi tetap akar masih jadi sisi dari tanaman luar biasa satu ini. Nach, satu diantara keunggulan yang dipunyai akar wangi ialah bisa menjadi bahan baku kerajinan tangan yang mana benar-benar ramai di wilayah Jawa tengah. Umumnya, kerajinan ini dibuat seperti binatang dan dijualbelikan untuk kenang-kenangan beberapa pelancong.

 

6. Menahan Erosi dan Tanah Longsor

 

Demikian besar manfaat yang dipunyai tanaman satu ini. Masalahnya akarnya yang tumbuh benar-benar dalam dan tidak gampang ditarik ini bisa menahan tanah alami erosi. Disamping itu, akar wangi bermanfaat untuk memantapkan rel kereta api dan tanggul dari longsor.

 

Kurang cukup disana saja, vetiver bermanfaat untuk memblok limpasan air permukaan, memicu perubahan karakter fisik tanah, dan perlambat saluran air.

 

Kandungan Kimia Minyak Akar Wangi (Vetiver Oil)

 

Minyak wangi mempunyai banyak manfaat karena mempunyai kandungan berbentuk senyawa kelompok seskuiterpen (3-4%), seskuiterpenol (18-25 %) dan seskuiterpenon seperti asam benzoat, vetiverol, furfurol, a dan ß-vetivon, vetiven dan vetivenil vetivenat.

 

Berlainan dengan daun sereh wangi yang digunakan di bagian daunnya, minyak akar wangi ini yang digunakan ialah di bagian akarnya. Akarnya sendiri terdiri dari beberapa akar-akar lembut yang warna kuning pucat atau abu-abu sampai merah tua dan memiliki kandungan minyak atsiri yang kental dengan berbau lembut dan bertahan lama.

 

Selainnya beberapa manfaat minyak akar wangi di atas, rupanya akar wangi banyak juga digunakan sebagai salah satunya bahan baku yang perlu untuk minyak wangi. Minyak ini memiliki wewangian yang halus dan lembut disebabkan karena senyawa ester, asam vetivenat, vetiveron dan vetiverol yang sekarang ini tidak bisa dibikin senyawa sintesisnya.

 

Untuk elemen penyusun minyak akar wangi sendiri berbentuk sesquiterpen hidrokarbon (?-cadinen, cloven, a-amorphine, wewangiandendren, junipen, danturunan alkoholnya), vetiverol (khusimol, epiglobulol, spathulenol, khusinol, dan turunan karbonilnya), dan vetivon (a-vetivon, ß-vetivon, khusimon dan turunan esternya).

 

Antara beberapa komponen itu, a-vetivon, ß-vetivon, dan khusimon sebagai elemen khusus sebagai pemasti wewangian minyak akar wangi. Ke-3 elemen ini dikatakan sebagai sidik jemari (finger print) minyak akar harum16. Rumus molekul dari vetivon ialah C15H22O, dengan berat molekul 218,33 1.

 

Selainnya elemen di atas, minyak akar wangi ini mempunyai bagian utama lain berbentuk vetiverol yang paling memengaruhi bilangan ester sesudah asetilasi. Rumus molekul vetiverol ialah C15H24O dengan berat molekul 220,34. Menurut Moestafa dan Moermanto 17, kenaikan kandungan vetiverol dalam minyak akar wangi sekalian bisa tingkatkan kualitas minyaknya.

 

Champagnat et al, memberikan laporan formasi kimia minyak akar wangi dari 9 negara, yakni Brazil, Cina, Haiti, India, Indonesia, Madagaskar, Meksiko, Reunion dan Salvador. Hasil analitis GC-MS minyak akar wangi itu terdeteksi sekitaran 110 senyawa dengan elemen intinya sesquiterpen.

 

Karakter komponennya yakni ß-vetispiren (1,6-4,5%), khusimol (3,4-13,7%), vetiselinenol (1,3-7,8%) dan a-vetivon (2,5- 6,3%). Hasil analisis minyak akar wangi yang sudah dilakukan Cazaussus15 memperlihatkan hasil yang relatif sama jika kandungan senyawa lebih dari 100 elemen dengan 28 elemen khususnya dari

 

Demikian pembahasan berkenaan minyak akar wangi dan bermacam faedahnya. Tetapi tentu saja, semua manfaat itu bisa dipunyai hasil dari tanaman yang berkualitas. Dalam pada itu, kualitas dan jumlah tanaman satu ini juga tergantung pada langkah pembudidayaan tanaman tersebut.

 

Untuk itu karena susahnya meningkatkan tanaman ini, susahnya langkah mendapat bahan baku, dan panjangnya proses pembikinan minyak, karena itu lumrah bila harga vetiver oil sangat mahal. Untuk minyak dengan kualitas super saja, produsen menghargakannya sekitaran Rp 75.000 per 10 ml. luar biasa, kan? Nach, nantikan apa lagi… selekasnya budidayakan vetiver dan capai faedahnya!

 

Sumber : https://tukangpohon.com/