Menentukan Rasio Kopi untuk Ekstraksi Kopi Ideal

Menentukan Rasio Kopi untuk Ekstraksi Kopi Ideal

Menyeduh kopi dengan air adalah hal dasar untuk menghasilkan secangkir kopi, tetapi apakah memang sesimple itu? Nikmat atau tidaknya kopi ditentukan dengan kualitas kopi dan bagaimana mencampurnya dengan air. Inilah waktunya untuk belajar bagaimana menentukan rasio kopi untuk menghasilkan secangkir kopi nikmat.

Pentingnya Rasio

Menghitung banyaknya kopi dan air yang digunakan untuk secangkir kopi berfungsi dalam mengatur kekuatan dan juga keseimbangan kopi. Rasio adalah kunci utama untuk membentuk kopi yang konsisten dan punya rasa nikmat.

Bayangkan saja jika Anda harus menyeduh dua biji kopi dengan satu liter air, maka nanti rasa kopi akan begitu hambar. Begitu juga ketika harus menyeduh setengah gelas bubuk kopi dengan sedikit air, maka rasanya akan terlalu pekat.

Mengatur rasio kopi memerlukan peralatan yang sedikit dan sangat mudah sehingga bisa menjadi rutinitas harian Anda. Proses ini hanya memerlukan beberapa detik saja dan mampu memberikan cita rasa memuaskan.

Golden Ratio

Di dunia kopi, dikenal sebuah istilah yang menjadi acuan rasio paling terkenal disebut dengan nama golden ratio. Beberapa barista mungkin memiliki acuannya sendiri untuk menciptakan kopi dengan cita rasa khas tetapi kebanyakan setuju menjadikan golden ratio sebagai acuan utama.

Golden rasio ini memiliki perbandingan 1:15-18 artinya 1 gram kopi akan diseduh dengan menggunakan 15-18 gram air. Golden rasio ini menggunakan jumlah bubuk kopi yang cukup untuk satu cangkir yang penuh cita rasa dalam taraf seimbang.

Bagaimana Menggunakan Rasio Sebenarnya?

Meskipun menimbang berat merupakan cara terbaik untuk menghitung rasio ini, tetapi Anda juga bisa menggunakan volume sebagai acuan untuk air. 1 ml air dapat diartikan sebagai 1 gram air dan satu sendok teh kopi umumnya memiliki berat 4-7 gram kopi (asumsikan saja 5 gram).

Menggunakan dasar perhitungan tersebut, Anda bisa menghitung rasio kopi dan juga air dengan lebih mudah. Tidak ada lagi matematika menyulitkan jika Anda hendak membuat satu cangkir kopi nikmat untuk dinikmati.

Rasio Mana yang Paling Nikmat?

Menemukan rasio paling pas untuk diri sendiri sebenarnya hanya perihal trial and error saja, Anda cukup mencoba semua rasio sendiri. Ada beberapa patokan yang bisa Anda gunakan jika nanti harus melakukan brewing dengan bubuk kopi yang berbeda lagi.

Rasio 1:15 menggunakan air lebih sedikit sehingga cita rasa yang dihasilkan lebih pekat serta memberikan keasaman cukup tinggi. Jika Anda menggunakan rasio 1:18 maka kopi akan lebih lembut dan tidak begitu pekat, ini cocok untuk memberikan cita rasa yang lembut serta sedikit asam.

1:16 dan 1:17 menjadi rasio paling umum digunakan di seluruh dunia berkaitan dengan keseimbangan di segala cita rasa kopi. Anda perlu mempelajari bagaimana rasio kopi milik Anda sendiri sehingga tidak ada lagi menebak-nebak yang menghasilkan kopi terlalu kuat atau hambar.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *