Mengapa TikTok Sangat Adiktif Dan Sukses: Rahasia Popularitasnya

 

Apa hal pertama yang terlintas di benak Anda ketika berbicara tentang video pendek? Pasti jawabannya adalah ‘TikTok’. Aplikasi Cina yang populer, mulai dari kesuksesan besar di tanah air dengan aplikasi Douyin dan tiba untuk mengusulkan ide yang sama dari layanan media sosial yang menampilkan video pendek, menaklukkan semua grafik dari berbagai toko aplikasi, dengan akuisisi layanan populer lainnya , Musical.ly, yang selanjutnya membantu perluasan layanan di luar China. Aplikasi ini secara khusus menaklukkan remaja, yang memilih TikTok sebagai salah satu aplikasi favorit mereka untuk berbagi video tarian, tren, dan musik, meskipun TikTok adalah jejaring sosial umum yang dapat digunakan untuk berbagi juga jenis video lainnya.

Antara YouTube & Instagram

TikTok, bagaimanapun juga, adalah aplikasi tengah antara ruang seperti Instagram, sebagian besar ditargetkan hanya untuk berbagi foto (walaupun video dapat diposting) dan YouTube, tempat yang sebagian besar menampilkan video panjang (walaupun YouTube sekarang memungkinkan untuk mengunggah video pendek video seperti yang diusulkan oleh TikTok). Jejaring sosial baru secara efektif mempromosikan cara baru berbagi konten yang disambut baik oleh sebagian besar remaja di negara-negara Barat dengan cara yang sama seperti yang terjadi di Cina. Dalam arti tertentu, TikTok adalah versi pendek dari YouTube, seperti halnya Twitter dapat dianggap sebagai versi pendek dari Facebook. Namun, apa yang membuat TikTok begitu sukses?

Satu video mengarah ke yang lain

Saat membuka aplikasi TikTok, hal pertama yang bisa dilihat adalah bagian ‘Untuk Anda’, pilihan khusus video yang berasal dari kreator lain. Fakta TikTok menunjukkan kepada semua orang video dari pembuat acak, dipilih oleh suatu algoritme, membuat banyak orang bermimpi tentang kemungkinan menjadi terkenal di dalam aplikasi jika setidaknya satu video menjadi viral. Selain itu, karena algoritme memilih video yang secara umum dianggap menarik bagi komunitas, pengguna TikTok mudah terhibur hanya dengan menonton video yang sangat pendek. Setelah menyukai video pertama, hal yang paling wajar adalah menggulir dan melihat video lain, lalu melanjutkan lagi dan lagi. Bagian ‘Untuk Anda’ bisa sangat membuat ketagihan karena videonya sangat pendek dan orang-orang yang menganggapnya menarik akan mudah terpaku pada aplikasi dan menonton banyak video lainnya. Dengan mekanisme ini, TikTok dapat membuat penggunanya tetap berinteraksi dengan video (sehingga menghasilkan pendapatan dari iklan) untuk waktu yang lama. Ini telah menjadikan TikTok tempat pertama untuk menemukan hiburan yang mudah bagi banyak remaja, karena video pendek pasti lebih mudah ditonton daripada video panjang, yang tentunya membutuhkan lebih banyak waktu untuk diikuti dan dipahami.

Mitos Ketenaran Mudah

Seperti yang ditulis sebelumnya, bagian ‘Untuk Anda’, karena cara menampilkan video pembuat acak menurut algoritma, membuat banyak pengguna bermimpi tentang kemungkinan menjadi terkenal di dalam aplikasi. Sering terjadi untuk mendapatkan setidaknya satu video yang dipilih oleh algoritme dan tidak jarang orang secara acak mendapatkan banyak pengikut dalam beberapa hari hanya karena video dipromosikan di bagian ‘Untuk Anda’. Ini tidak benar-benar berarti menjadi terkenal dan orang dapat dengan mudah menebaknya dengan membandingkan tingginya jumlah pengikut pengguna TikTok acak yang mencapai ketenaran hanya karena memiliki beberapa video di bagian ‘Untuk Anda’ dengan jumlah pengikut yang umumnya rendah di media sosial lainnya. jaringan. Meskipun demikian, banyak orang yang menjadi viral di TikTok hanya karena cara kerja algoritma menjadi mudah diyakinkan tentang fakta bahwa TikTok mungkin adalah tempat termudah untuk mendapatkan ketenaran: ini akhirnya membuat orang-orang ini ingin lebih fokus pada TikTok daripada yang lain. layanan media sosial di mana mendapatkan pengikut lebih sulit dan membutuhkan lebih banyak waktu dan usaha.

Model ‘Tonton & Tiru’

TikTok, dengan kedatangan Tiktok Influencer dan fokus pada tindakan tertentu yang dikenal sebagai ‘tren’, memudahkan untuk mempromosikan cara melakukan video yang berarti menonton hal-hal populer di bagian ‘Untuk Anda’ dan kemudian menirunya. Satu hal yang sering terjadi di TikTok adalah melihat banyak video dari pembuat konten yang berbeda membuat tantangan yang sama hanya untuk mengikuti tren. Menjadi TikTok sebuah aplikasi yang banyak digunakan oleh remaja, ini berarti banyak dari mereka yang masuk akal untuk diterima oleh orang lain jika mereka melakukan hal yang sama seperti yang dilakukan orang lain, hal yang sama terjadi dengan pakaian dan hal-hal lain yang disukai banyak remaja untuk dipilih berdasarkan tren.

Utilitas Nyata TikTok

Masalah sebenarnya dengan TikTok bukanlah aplikasi itu sendiri, tetapi bagaimana hal itu dirasakan oleh pengguna internet. Sementara di China TikTok sepenuhnya diakui sebagai jejaring sosial, dengan beberapa jenis video dari berbagai kategori (tidak hanya yang cukup lucu), di luar China aplikasi tersebut dinilai sepenuhnya sebagai sesuatu yang dapat digunakan untuk membuat video lucu pendek, seringkali kurang orisinalitas ( karena fakta mengikuti tren) dan sering dikritik oleh orang yang tidak menggunakannya. Ini hanya mengungkapkan sisi spesifik dari TikTok: yang terbuat dari remaja yang meniru tren lain dan bergegas untuk mendapatkan pengikut sebanyak mungkin. Namun, TikTok bukan hanya ini. TikTok juga merupakan tempat yang penuh dengan video yang berbeda (lucu, pendidikan, atau kegunaan yang berbeda) dan penggunanya tidak selalu remaja yang terobsesi dengan ketenaran yang mudah dan diterima oleh orang lain: ada juga banyak remaja yang hanya ingin terhibur saat menonton video lain. video dan bahkan orang tua yang hanya ingin tahu bagaimana cara kerja aplikasi. Pada akhirnya, kesuksesan nyata TikTok adalah mampu menawarkan pengalaman jejaring sosial yang berbeda dari jejaring sosial lain yang masih belum cukup mendorong: yang berbasis video pendek yang dapat menghibur Anda atau memberi Anda nilai tambah dalam beberapa detik.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *