Pengertian Sekuritas Syariah
Pengertian Sekuritas Syariah

Pengertian Sekuritas Syariah

Sekuritas syariah sepertinya menjadi salah satu opsi bagi masyarakat yang ingin melakukan investasi saham tanpa bertentangan pada prinsip agama Islam. Sekarang ini, sekuritas terbaik berbasis syariah masih menjadi bagian industri pasar modal yang ada di Indonesia. Pengertian sekuritas syariah sendiri banyak dicari masyarakat terutama para investor pemula.

Pengertian Sekuritas Berbasis Syariah

Sekuritas atau juga disebut sebagai efek adalah nama kolektif dari berbagai jenis surat berharga yang diperjual belikan, misalnya saham, obligasi, surat hipotik dan yang lainnya untuk menjadi bukti kepemilikan dari seseorang atas suatu benda atau barang.
Menurut pengertian diatas, sekuritas syariah bisa diartikan sebagai sekuritas atau efek sesuai peraturan perundang-undangan pasar modal yang mana manajemen perusahaan, akad dan metode penerbitannya dituntut harus berdasarkan prinsip syariah agama Islam.

1. Investasi Sesuai Syariah dan Halal

Sekuritas syariah mempunyai prinsip dasar syariah agama Islam dengan menyediakan instrumen atau produk investasi yang halal. Dengan hadirnya investasi yang halal tersebut diharapkan kekhawatiran masyarakat akan investasi yang mengandung unsur riba maupun hal-hal yang dianggap haram lainnya bisa teratasi.

2. Memakai Uang untuk Alat Tukar Nilai

Dalam sekuritas syariah, uang dipakai sebagai alat tukar nilai untuk berinvestasi. Sehingga, ketika investor melakukan investasi, ia akan memperoleh imbal hasil dengan porsi tertentu. Namun, proses investasi tersebut harus memakai mata uang yang sama sesuai pembukuan.

3. Resiko Kerugian Kecil

Sekuritas ini memungkinkan emiten dan investor melakukan kerjasama yang minim resiko. Dengan demikian, tidak akan ada pihak yang dirugikan dalam aktivitas usaha investasi yang dilakukan.

4. Transaksi Menggunakan Akad

Kegiatan transaksi sekuritas syariah memakai sistem akad berdasarkan syariah Islam. Ini membuat jual beli bisa dilakukan dengan jelas antara kedua belah pihak.

5. Mekanisme yang Jelas

Dalam menjalankan aktivitasnya, sekuritas syariah memakai mekanisme yang jelas serta berdasarkan syariah Islam. Hal ini diklaim bisa menjaga maupun menghindari resiko terjadinya prasangka dalam melakukan aktivitas jual beli.

Demikian ulasan mengenai pengertian sekuritas syariah dan prinsipnya yang sebaiknya anda ketahui. Sekuritas syariah dijalankan berdasarkan prinsip syariah Islam sehingga sangat cocok bagi anda yang ingin melakukan investasi tanpa menyimpang dari aturan agama.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *