Potensi dan Proposal Tempe Mendoan Pasti Untung

Proposal Tempe MendoanProposal tempe mendoan tentu dibutuhkan bagi kamu yang ingin memulai usaha ini. Olahan makanan tempe yang cukup berbeda ini banyak digemari oleh masyarakat.

Usaha olahan makanan tempe ini memang berbeda dengan lainnya. Pasalnya yang paling khas adalah tepung yang digoreng tidak menjadi garing. Dengan ditambah dengan sambal kecap seperti bumbu pempek menjadikan jajanan ini sangat nikmat disantap selagi panas.

Nah sebelum kamu memulai usaha ini, alangkah baiknya jika kamu membuat idea tempe mendoan. Agar hitungan kamu tidak meleset. Selain itu thought juga bisa ditujukan kepada investor jika kamu memerlukan dana tambahan

Tentunya ada beberapa persiapan yang harus dilakukan ketika mulai jualan, apa saja? Lalu keuntungan apa saja jika mulai jual tempe mendoan tersebut?

Dilansir dari pengusaha sukses, usaha ini memiliki peluang yang besar untuk mendapatkan keuntungan. Nah agar lebih jelas, kita bedah yuk satu persatu:

Potensi Jualan Tempe Mendoan

Ketika memilih tempe mendoan sebagai produk yang akan dijual tentunya tempe mendoan ini memiliki potensi yang besar. Jadi saat memulai usaha tempe mendoan tersebut, bisa mendapatkan keuntungan yang sebanyak-banyaknya. Beberapa potensi diantaranya:

1.Bahan Baku Yang Mudah Didapatkan

Tempe mendoan, bahan dasarnya adalah tempe yang dibungkus daun pisang. Tempe ini berbentuk lebih tipis, inilah yang biasanya sebagai bahan dasar tempe mendoan.

Untuk mendapatkan bahan baku yang satu ini tentunya sangat mudah, tinggal menghubungi pabrik tempe disekitar tempat jualan. Kamu bisa langsung memesan jenis tempe yang khusus untuk dijual sebagai olahan tempe mendoan.

2.Banyak Peminat

Adapun tempe mendoan memiliki konsumen yang tidak sedikit. Karena tempe mendoan juga sudah populer di masyarakat, sehingga tidak memerlukan branding untuk mengenalkan apa itu tempe mendoan.

Kuliner yang berasal dari Banyumas ini memang memiliki penggemar tersendiri. Rasanya yang gurih dari tempe yang dibalut terigu dan digoreng setengah matang ini, mampu memberikan sensasi tersendiri dengan bumbu sambal khusus yang lezat.

Baca juga:

Analisa Bisnis Laundry Kiloan

3.Bahan Baku Murah

Adapun bahan baku tempe mendoan yaitu tempe, yang mana tempe ini terkenal harganya yang murah. Jadi ketika jual tempe mendoan harganya bisa lebih tinggi dan potensi keuntungannya juga lebih besar. Dengan begitu, earnings pendapatan juga semakin besar dan tentunya bisa menghasilkan banyak pelanggan.

Beberapa potensi dari jualan tempe mendoan ini bisa jadi gambaran bagaimana memulai usaha. Dengan memperhatikan pelayanan terbaik, kemasan yang menarik juga memberikan diskon harga. Tentunya bisa semakin menarik minat konsumen untuk membeli tempe mendoan.

Menyusun thought Tempe Mendoan

Sebelum menjalani usaha ini, sebagai langkah awal kamu harus membuat coretan-coretan atau notion tempe mendoan ini. Meski usaha ini hanya membutuhkan modal kecil, manajemen yang profesional mampu menjadikan usaha ini sukses dengan membuka banyak cabang.

Sehingga concept tempe mendoan sangat berguna sebagai pegangan atau garis besar mengarah kemana usaha tempe mendoan yang kamu rintis, bahan apa yang dibutuhkan, peralatan apa yang disiapkan, berapa orang yang menjalani, hingga hitungan bisnis, dan promosi usaha tempe mendoan.

1.Konsumen bisnis tempe mendoan

Dalam notion tempe mendoan ini kamu juga harus bisa membidik siapa konsumen yang akan ditargetkan. Penikmat makanan ini memang tak terbatas. Tetapi kamu harus menentukan target konsumen agar bisa mencari lokasi yang tepat.

Jika kamu membidik masyarakat dipemukiman, maka kamu bisa mendekati perumahan atau pemukiman yang padat, begitu juga diperkantoran, atau dikampus.

2.Bahan baku tempe mendoan

Dalam thought tempe mendoan kamu juga harus mencantum bahan baku dalam pengolahan tempe mendoan. Untuk membuat tempe mendoan yang nikmat membutuhkan bahan baku yakni tepung terigu, tepung beras, tempe, merica butiran, ketumbar, bawang putih, garam, bawang merah, penyedap rasa, gula pasir, kunyit, daun bawang, minyak goreng, cabai rawit, kecap dan lainnya.

Untuk tempe mendoan yang memiliki bentuk dan ukuran khusus tentu tidak dapat ditemukan dipasar. Sehingga kamu harus memesan khusus ke pabrik tempe yang ada disekitar lingkungan kamu. Keuntungannya juga akan mendapatkan harga beli yang cukup murah.

3.Peralatan bisnis tempe mendoan

Peralatan yang dibutuhkan juga harus dimasukan dalam inspiration tempe mendoan. Peralatan penting yang dibutuhkan adalah, peralatan untuk memasak, gerobak, meja, peralatan makan seperti sendok da garpu. Selain itu lengkapi juga dengan peralatan kebersihan, seperti kain lap, serbet, sapu, tempat sampah, dll.

Masukan jenis peralatan tersebut dan disusun berapa nominal untuk membeli peralatan jualan tempe mendoan tersebut. Karena dalam bisnis setiap pengeluaran harus tercatat dengan rapih, untuk mengetahui modal secara detail.

4.Lokasi strategis dalam berjualan tempe mendoan

Lokasi merupakan hal yang paling penting dalam membuat inspiration tempe mendoan tersebut. Pasalnya ketika mengajukan tambahan dana kepada pemodal kamu sudah memiliki tempat yang strategis dan dimasukan kedalam inspiration.

Kegunaannya, pemodal dapat melakukan survey lokasi apakah tempat yang dipilih buat jualan tempe mendoan strategis, dalam arti berada ditengah pemukiman yang padat, didekat kampus, dekat pasar, dekat mall atau perkantoran.

Baca juga :

Cara Menyusun Proposal Usaha Rumah Makan

5.Karyawan bisnis tempe mendoan

Jika kamu melakukan usaha tempe mendoan ini dalam skala besar dan contemporary tentu kamu memerlukan tenaga untuk membantu usaha kamu. Cantumkan dalam inspiration tempe mendoan yang kamu buat berapa karyawan yang dibutuhkan dan berapa gaji yang harus dikeluarkan.

Jika dalam skala kecil kamu cukup dibantu satu karyawan dalam menjalankan bisnis tempe mendoan.

7.Strategi promosi bisnis tempe mendoan

Berjalan atau tidaknya dalam bisnis ditentukan oleh berapa banyak konsumen membeli produk kita. Nah langkah selajutnya dalam membuat thought tempe mendoan adalah dengan memasukan strategi promosi tempe mendoan yang akan kamu jual.

Kamu bisa mempromosikan olahan tempe mendoan ke dalam sosial media yang saat ini banyak digunakan masyarakat. Ciptakan bentuk tempe mendoan yang berbeda dari biasanya.

Kamu juga bisa memberikan diskon kepada pelanggan dengan memberikan bonus seperti, beli 10 gratis 1, dan disebarkan melalui fb, WA, Instagram, sehingga apa yang kamu promosikan dapat diketahui oleh masyarakat luas.

Itulah beberapa poin dalam membuat suggestion usaha tempe mendoan yang bisa kamu susun, tetapi jangan khawatir dilansir dari, DickySudrajat, kontenstore juga memberikan contoh propsal tempe mendoan yang bisa kamu gunakan