Tips Menjaga Berat Badan Bayi Ideal Dengan Tepat

Tips Menjaga Berat Badan Bayi Ideal Dengan Tepat

Menjaga berat badan bayi ideal adalah salah satu tugas penting yang harus ditunaikan oleh orang tua. Pasalnya, berat badan yang ideal secara langsung akan berdampak pada pertumbuhan bayi, terlebih di usia yang terus bertambah. Dengan berat badan yang ideal, bayi bisa mencapai perkembangannya dengan lebih maksimal.

Nah, berbincang tentang menjaga berat badan bayi agar senantiasa ideal, Anda perlu tahu bahwa upaya yang dilakukan tidak hanya berkaitan dengan makanan saja, terlebih jika si kecil sudah masuk waktu konsumsi MPASI. Ada beberapa hal lain yang penting diketahui terkait menjaga berat badan ideal tersebut. Penasaran? Simak ulasannya!

Kenapa Harus Menjaga Berat Badan Bayi Agar Ideal?

Sebelum membahas tentang cara untuk menjaga berat badan bayi agar senantiasa ideal, maka Anda juga perlu mengetahui kenapa hal tersebut penting. Sebagaimana diketahui bahwa bayi sebenarnya memiliki grafik pertumbuhan yang harus dicapai. Dari grafik tersebut juga tertera berat ideal bayi yang harus ia miliki.

Dengan berat badan yang ideal, maka bayi bisa memenuhi gambaran grafik normal yang telah ditetapkan oleh kalangan medis tersebut. Tentu, dengan demikian, kondisi kesehatan bayi pun nantinya akan senantiasa terjaga.

Selain itu, berat badan bayi yang ideal juga akan mendukung perkembangan bayi. Misalnya, bayi dengan berat badan ideal nantinya lebih cepat merangkak ataupun mencapai tahapan pertumbuhan lainnya.

Apa yang Harus Dilakukan?

Untuk mencapai predikat berat badan bayi ideal, ada beberapa hal yang penting untuk dilakukan. Beberapa hal tersebut adalah sebagai berikut:

  • Penuhi kebutuhan makanan

Untuk mendapatkan berat badan yang ideal, maka kebutuhan makanan bayi tentu saja harus dipenuhi dengan baik. Misalnya, bayi dengan usia kurang 6 bulan, maka harus diberikan ASI secara regular dan teratur. Sementara, bayi dengan usia lebih dari 6 bulan harus diberikan makanan pendamping yang sesuai dengan usianya.

Pemenuhan kebutuhan makanan menjadi hal yang sangat krusial. Pasalnya, makanan akan menjadi sumber daya dan tenaga bayi untuk senantiasa tumbuh.

  • Mengatur waktu istirahat

Bayi memiliki waktu istirahat yang berbeda dengan orang dewasa. Poin ini harus sangat diperhatikan karena nantinya waktu istirahat akan berhubungan dengan berat badan bayi.

Dalam hal ini, Anda sebagai orang tua harus mengatur waktu istirahat bayi. Memang, sangat menyenangkan rasanya bermain dengan si kecil di rumah. Namun, terlalu lama mengajak mereka bermain akan berpengaruh pada kondisi kesehatan si kecil, termasuk pertumbuhan berat badan yang kurang ideal.

Nah, beberapa hal di atas adalah apa yang perlu Anda lakukan dalam rangka menjaga berat badan bayi ideal. Sebagai tambahan, tentu Anda perlu menjaga kesehatan fisik bayi. Apabila bayi ternyata sakit, maka Anda harus segera memeriksakannya. Semoga bermanfaat.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *