Wisata Candi Mendut

Candi mendut merupakan salah satu candi berpola Budha yang rada tersohor di Indonesia. Candi Mendut ini posisi dekat dengan Candi Borobudur, jaraknya dekat 3 kilometer. bagi silsilah Candi Mendut, Candi Borobudur mempunyai hubungan yang kemas dengan Candi Pawon. sapaan Mendhut bermula dari tutur Venu, Vana, Mandira yang berarti candi yang posisi di tengah hutan bambu.

bagi J.G. de Casparis Candi Mendut dibangun pterdapat periode kerajaan trah Syailendra pad tahun 824 M. perihal ini serupa dengan isi yang terdapat di Prasasti Karangtengah per tahun 824 M. Dalam prasasti itu ada catatan jika Raja alat mendirikan serupa gedung murni serta gedung itu diberi sapaan Wenuwana yang intinya hutan bambu. Wenuwana ini diartikan oleh de Casparis dengan sapaan Candi Mendut. Dengan berpendapat itu, alkisah silsilah Candi Mendut telah diawali saat sebelum Candi Borobudur. hayat candi ini lebih berumur dari Candi Borobudur yang ialah salah satu candi terbanyak yang sempat masuk ke 7 ketakjuban mayapada.

Candi ini ditemui lagi pterdapat tahun 1836, seluruh bagian candi ditemui selain bagian para-para candi. Candi ini mulai diperbaiki lagi pterdapat tahun 1897 dekati 1904 oleh Pemerintahan Hindia Belkamu. serta hasil ralat itu sukses mengembalikan bagian kaki serta badan candi. walau telah sukses, namun sedang terdapat bagian candi yang belum diperbaiki. 4 tahun setelah itu, Van Erp sebagai kepala pterdapat ralat Candi Mendut tahapan ke2. seluruh bagian diperbaiki tercantum para-para, pemasangan stupa, serta separuh puncak para-para candi.

Candi ini berupa persegi. konstruksi candi ini mempunyai atas kira-kira 26,4 m. Pterdapat bagian badan dengan atas 2 m. Pterdapat dataran candi ada selasar yang luas. serta pada bilik Candi Mendut ada dekat 31 panel yang menunjukkan separuh relief sejarah. Pada bilik candi ada tatahan bunga yang sebagai karakteristik khas dari Candi Mendut. Temampu saluran guna membuang air dari selasar di sepanjang bilik. Saluran itu diberi sapaan jaladwara. Jaladwara itu sebagai karakteristik khas separuh candi yang ada di wilayah Jawa Tengah.

Candi Mendut ini mempunyai relief dengan corak yang khas, antara lain Relief Kuwera serta Hariti merupakan relief yang tercatat di bilik utara bilik penampil. Kuwera serta Hariti ialah pendamping suami istri. Mereka merupakan raksasa yang bertubat sehabis berjumpa dengan Budha. tidak cuma di Candi Mendut, relief Kuwera serta Hariti pula ada di Candi Sewu, Candi Kalasa serta Candi Banyuniba.

berlanjut ada relief Bodhisattva Ayalokitesvara yang menerangkan kehidupan Budha. Di relief ini menunjukkan lukisan Budha yang tengah bercokol diatas singgasana dari bunga seroja. berlanjut ada Relief Bodhisatwa yang berada di sesisi timur bilik Candi Mendut. Di dalam relief ini Budha menggunakan busana kehormatan raja. Budha digambar tengah mengucurkan cahaya dewa dari kepalanya. setelah itu ada relief buah hati Tara yang posisi disebelah utara Candi Mendut. Relief ini membeberkan buah hati Tara yang tengah bercokol diatas singgasana dengan 2 orang laki-laki disebelah kanan serta kirinya.

kalau kamu hendak bertamu ke Yogyakarta dengan gampang serta pertimbangan, harus booking Paket Wisata Jogja di Visit-Jogja.com aja ya gaesss.

 

Letak Candi Mendut

Letak Candi Mendut ini rada jauh dari pusat kota Jogjakarta sebab posisi didekat Candi Borobudur serta akses jalurnnya pula berbelok belok. letak akuratnya posisi di jalur Magelang Sumberrejo, Mendut, Mungkid, Magelang, Jawa Tengah.

 

Rute Ke Candi

jarak mengarah Candi Mendut rada gampang guna dijamah namun jalur mengarah Candi Mendut berbelok-belok. jikalau kamu dari pusat o kilometer kota Jogja ke barat melompati jalan kh ahmad dahlan, terus melompati jalan wates jalur lantas dekati ke perempatan lurus melompati jalan patukan lurus lantas setelah itu belok kanan melompati jalan sidoarum-bantulan, dekati pertigaan ke barat melompati jalan bibis lurus lantas dekati perempatan ke utara melompati jalan pulih wetan, terus dekati ke pertigaan ke barat melompati jalan godean lurus lantas dekati perempatan ke utara melompati jalan gedongan-tempel, terus dekati pertigaan ke barat melompati jalan pulau 3 lurus lantas dekati pertigaan belok kanan terus belok kiri, dekati pertigaan ke kiri setelah itu ada pertigaan lagi belok ke kanan melompati jalan raya banjararum setelah itu dekati perempatan ke kanan mengarah jalan nanggulan mendut jalan lantas alkisah kamu ajan dekati ke Candi Mendut.

Jarak dari pusat kota Yogyakarta ke Candi Mendut sungguh jauh ialah dekat 39,0 km serta masa tempuh wajar alat transportasi bermotor dari pusat kota Jogja mengarah Candi Mendut dekat 1 jam 7 menit.

 

Harga Tiket Masuk Candi

Harga karcis guna masuk ke Candi Mendut amatlah hemat guna memandang gedung kuno biayanya ialah : Rp. 10.000/orang.

sementara itu jikalau kamu membawa alat transportasi individu anda cuma hendak dikenakan dana parkir ialah: Rp. 2000 guna alat transportasi jentera dua serta Rp. 5000 guna alat transportasi mobil.

 

Sarana dan Fasilitas Candi Mendut

sarana yang ada di Candi Mendut belum rada patut namun mampu membuat turis yang bertamu dapat merasa aman, sarana antara lain:

1. ada kawasan parkir

2. Terdapat toko hidangan serta minuman

3. Toilet/kamar mandi

Yuk yang mau liburan ke Jogja kamu bisa memesan rental mobil jogja murah di visit-jogja.com aja ya. Banyak pilihan sewa mobil yang disediakan disini, Cuzz ke jogja lagi.