Langkah Dalam Melakukan Studi Kelayakan Bisnis

Lakukan Analisis Awal

 

Mulailah dengan menguraikan rencana Anda. Anda harus fokus pada kebutuhan yang tidak terlayani, pasar di mana permintaan lebih besar dari penawaran, dan apakah produk atau jasa studi kelayakan itu memiliki keunggulan tersendiri. Kemudian Anda tidak dapat menentukan apakah rintangannya terlalu tinggi untuk membatasi (yaitu terlalu mahal, tidak dapat memasarkan secara efektif, dll.).

 

Siapkan Proyeksi Laporan Laba Rugi

 

Langkah ini mengharuskan Anda untuk bekerja mundur. Ini adalah dasar dari laporan laba rugi. Hal-hal yang perlu dicoba pada jasa pembuatan studi kelayakan di sini termasuk layanan apa yang dibutuhkan dan berapa biayanya, perhatikan, apapun pada pendapatan, seperti penggantian alat atau yang lainnya.

 

Lakukan Survei Pasar atau Lakukan Riset Pasar

 

Langkah ini adalah percaya diri studi kelayakan Anda, jadi buatlah selengkap mungkin. Jika organisasi bisnis Anda memiliki sumber daya untuk melakukan hal yang tepat, maka akan lebih baik untuk menyewa perusahaan luar untuk melakukan.

 

Beberapa hal yang perlu dianggap adalah pengaruh geografis di pasar, demografi, menganalisis, menganalisis, menilai pasar dan apa yang akan menjadi bagian Anda dan apakah pasar itu terbuka untuk ekspansi (yaitu, respons terhadap penawaran Anda).

 

Siapkan Neraca

 

Kewajiban yang perlu dicurigai adalah hal-hal seperti sewa atau pembelian tanah, bangunan dan peralatan, pembiayaan untuk aset dan piutang.

 

Tinjau dan Analisis Semua Data

 

Semua langkah ini penting, tetapi tinjauan dan analisis sangat penting untuk memastikan bahwa semuanya sudah baik-baik mestinya dan tidak ada yang perlu diubah. Apakah masih realistis? Ini juga waktu untuk menilai risiko, menganalisis dan mengelola, dan membuat rencana darurat apa pun.

BACA JUGA  Saran Hadiah Ulangi Tahun Buat Suami serta Istri Biar Masih tetap Serasi

 

Buat Keputusan untuk Melanjutkan atau Tidak Melanjutkan

 

Kedengarannya sederhana, tetapi semua langkah sebelumnya kami mengawasi pengambilan keputusan. Beberapa hal lain yang perlu dicoba sebelum membuat pilihan biner adalah apakah komitmen tersebut sepadan dengan waktu, tenaga, dan uang, serta apakah itu sejalan dengan tujuan strategis dan aspirasi jangka panjang organisasi.